Sekolah : SMP IT Ar rahmah Pacitan
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Standar Kompetensi : 1. Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang
Kompetensi Dasar
1. 1. Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Materi Pokok/Pembelajaran
Peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Kegiatan Pembelajaran
a.Mengamati peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang ada di lab. komputer, sekolah dan sekitarnya
Indikator
Mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi:
-di lab.komputer
-di wartel/warnet
Teknik Penilaian
Tes tulis
Bentuk Instrumen
Uraian
Contoh Instrumen
Tunjukkanlah gambar yang termasuk peralatan teknologi informasi dan sebutkan nama peralatannya yang terdapat di laboratorium computer dan yang ada di warnet/wartel
Kegiatan Pembelajaran
b.Menemukan informasi di media cetak (buku, majalah dsb) tentang perangkat teknologi informasi dan komunikasi
c. Mengamati tayangan peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang digunakan diberbagai bidang kehidupan
Indikator
Menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
- input device
- CPU
- output device
Teknik Penilaian
Tes Tulis
Bentuk Instrumen
Uraian
Contoh Instrumen
Jelaskan fungsi dari keyboard, CPU, monitor
Alokasi Waktu
2 X 24 jam
Sumber Belajar
Perangkat TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, multi media dll.), buku pegangan, aplikasi multi media, media cetak
Kompetensi Dasar
1.2 Mendeskripsikan sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari masa lalu sampai sekarang
Materi Pokok Pembelajaran
Sejarah perkembangan tekbologi informasi dan komunikasi
Kegiatan Pembelajaran
a. Melakukan Studi pustaka tentang sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi
Indikator
Mendeskripsikan perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi beserta fungsinya
Teknik penilaian
Penugasan
Bentuk Instrumen
Tugas Proyek
Contoh Instrumen
Jelaskan fungsi peralatan teknologi ingormasi dan komunikasi sesuai dengan perkembangan penemunya!
b. Mendiskusikan tentang sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi
c. Melihat tayangan tentang perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi
Indikator
Menjelaskan perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi
Teknik Penilaian
Tes tertulis
Bentuk Instrumen
Uraian
Contoh instrumen
- Jelaskan berbagai penemuan yang terkait dengan perangkat teknologi informasi dan komunikasi;
- Jelaskan perkembangan perangkat TIK dari dahulu sampai sekarang
Alokasi Waktu
4 X 45 jam
Sumber Belajar
Perangkat TIK (komputer.telepon/handphone,faximail, aplikasi multi media, buku pegangan, alat komunikasi tradisional
Kompetensi Dasar
1.3. Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari
Materi Pokok Pembelajaran
Peran teknologi informasi dan komunikasi
Kegiatan Pembelajaran
a. Mengamati peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari di berbagai bidang;
Indikator
Menyebutkan peran teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang kehidupan
Teknik Penilaian
Tes Tulis
Bentuk Instrumen
Uraian dan pilihan ganda
Contoh Instrumen
Sebutkan peran teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang kehidupan!
b. Melakukan studi pustaka tentang peran teknologi ingormasi dan komunikasi dalam kehidupan;
Indikator
Mendiskripsikan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari
Teknik Penilaian
Penugasan
Bentuk Instrumen
Tugas Rumah
Contoh Instrumen
Buatlah sebuah paparan tentang peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari!
c. Mengamati tayangan tentang peran teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan.
Indikator
Menjelaskan peranan TIK dalam kehidupan sehari-hari
Teknik Penilaian
Uraian
Contoh Instrumen
Jelaskanlah peranan TIK dalam kehidupan sehari-hari
Alokasi Waktu
2 X 45
Sumber Belajar
Media cetak, kehidupan sehari-hari, tampilan visual (gambar, video dll.)
Kompetensi Dasar
1.4. Mengidentifikasi berbagai keuntungan dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
Materi Pokok Pembelajaran
Keuntungan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
Kegiatan Pembelajaran
a. Mengamati keuntungan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari dan di berbagai bidang
Indikator
Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi
Teknik Penilaian
Tes Tulis
Bentuk Instrumen
Uraian / Pilihan Ganda
Contoh Instrumen
- Jelaskan keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi!
- Salah satu keuntungan penggunaan komputer adalah
a. bekerja mudah dan cepat
b. pemborosan listrik
c. alat-alat mahal
d. barang mudah rusak
d. barang mudah rusak
b. Melakukan studi pustaka tentang berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi
Indikator
Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan produk dari teknologi informasi dan komunikasi
Teknik Penilaian
Tes Tulis
Bentuk Instrumen
Uraian
Contoh Instrumen
Jelaskanlah berbagai keuntungan penggunaan produk dari teknologi informasi dan komunikasi!
Alokasi Waktu
4 X 45
Sumber Belajar
Perangkat TIK(komputer,laptop,telepon,HP,faximail,TV,radio, dll),buku pegangan, dan lembar kerja, dsb.
Kompetensi Dasar
1.5. Mengidentifikasi berbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
Materi Pokok Pembelajaran
Dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
Kegiatan Pembelajaran
a. Mengamati dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari hari dan di berbagai bidang melalui tayangan
Indikator
Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari perangkat yang digunakan
Teknik Penilaian
Tes Tertulis
Contoh Instrumen
Jelaskan dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari!
b. Melakukan studi pustaka tentang dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
Indikator
Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan
Teknik Penilaian
Tes Tertulis
Contoh Instrumen
Jelaskan dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan!
Alokasi Waktu
8 X 45
Sumber Belajar
Perangkat TIK, buku pegangan, lembar kerja, dsb
Standar Kompetensi : 2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Mengaktifkan komputer
Kegiatan Pembelajaran
a. Melakukan pengamatan terhadap perangkat keras yang berfungsi untuk mengaktifkan komputer
Indikator
Mengidentifikasi letak tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer
Tehnik Penilaian
Observasi
Bentuk Instrumen
Lembar observasi
Contoh Instrumen
Tunjukkanlah letak dan nama tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer!
b. Mendemontrasi cara mengaktifkan komputer
Indikator
Megidentifikasi tampilan pada layar desktop
Tehnik Penilaian
Unjuk Kerja
Bentuk Instrumen
Uji Prosedur
Contoh Instrumen
Sebutkan bagian-bagian layar desktop
c. Mempraktikkan menyalakan komputer
Indikator
Menjelaskan prosedur menyalakan komputer
Tehnik Penilaian
Unjuk Kerja
Bentuk Instrumen
Uji Prosedur
Contoh Instrumen
Nyalakan komputer sesuai dengan prosedur
Alokasi Waktu
4 X 45
Sumber Belajar
Perangkat komputer, buku pegangan, aplikasi multi media
Kompetensi Dasar
2.2. Mematikan komputer sesuai prosedur
Materi Pokok Pembelajaran
Mematikan Komputer
Kegiatan Pembelajaran
a. Mengamati demonstrasi mematikan komputer
Indikator
Menjelaskan cara mematikan komputer sesuai dengan prosedur
Teknik Penilaian
Tes Tulis
Bentuk Instrumen
Uraian
Contoh Instrumen
Tulislah langkah-langkah mematikan komputer
b. Mempraktikkan mematikan komputer sesuai dengan prosedur
Indikator
Mematikan komputer menggunakan fungsi tombol pada hard ware sesuai dengan prosedur
Teknik Penilaian
Unjuuk Kerja
Bentuk Instrumen
Uji Prosedur
Contoh Instrumen
Maikanlah komputer dengan menggunakan fungsi tombol power yang terdapat pada Cashing CPU
Alokasi Waktu
4 X 45
Sumber Belajar
Perangkat komputer, buku pegangan, aplikasi multi media
Kompetensi Dasar
2.3. Melakukan operasi dasar pada operating system dengan sistematis
Materi Pokok Pembelajaran
Sistem operasi Pengelolaan file dan folder
Kegiatan Pembelajaran
a. Mempraktekkan penggunakan sistem operasi misal: Windows, Linux dll untuk mengatur tampilan
Indikator
Menggunakan sistem operasi misal windows. Linux, dll
Teknik Penilaian
Unjuk kerja
Bentuk Instrumen
Uji Prosedur
Contoh Instrumen
- Aktifkan shortcut pada desktop!
- Aktifkan menu pada menu taskbar
b. Menggunakan file manager untuk mengelola file dan folder
Indikator
Menggunakan file manager untuk mengelola file dan folder
Teknik Penilaian
Unjuk kerja
Bentuk Instrumen
Uji prosedur dari produk
Contoh Instrumen
Buatlah folder pada drive D dengan nama anda!
c. Mengumpulkan file dalam satu folder
Indikator
Memasukkan file ke dalam satu folder
Teknik Penilaian
Unjuk kerja
Bentuk Instrumen
Uji prosedur dari produk
Contoh Instrumen
Pindahkan file yang anda buat ke dalam folder my documen di drive C
Alokasi Waktu
8 X 45
Sumber Belajar
Perangkat komputer,buku pegangan, aplikasi multi media
Mengetahui, Pacitan, Juni 2011
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
ARIF KURNIAWAN, SPd.I DIAN ADI SUSANA, S.Pd.I
Tidak ada komentar:
Posting Komentar