Selasa, 31 Mei 2011

SILABUS TIK KELAS VII SEMESTER I

Sekolah                         :  SMP IT Ar rahmah Pacitan
Kelas/ Semester            :  VII (tujuh)/ 1 (satu)
Mata Pelajaran              :  Teknologi Informasi dan Komunikasi
Standar Kompetensi    : 1. Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang


Kompetensi Dasar
1. 1. Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi

Materi Pokok/Pembelajaran
Peralatan teknologi informasi dan komunikasi

Kegiatan Pembelajaran
a.Mengamati peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang ada di lab. komputer, sekolah dan sekitarnya
Indikator
            Mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi:
-di lab.komputer
-di wartel/warnet
 
 Teknik Penilaian
Tes tulis

Bentuk Instrumen
Uraian

Contoh Instrumen
Tunjukkanlah gambar yang termasuk peralatan teknologi informasi dan sebutkan nama peralatannya yang terdapat di laboratorium computer dan yang ada di warnet/wartel

Kegiatan Pembelajaran
b.Menemukan informasi di media cetak (buku, majalah dsb) tentang perangkat teknologi informasi dan komunikasi
c. Mengamati tayangan peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang digunakan diberbagai bidang kehidupan
 Indikator
Menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
-   input device
      -  CPU
      -  output device

Teknik Penilaian
Tes Tulis

Bentuk Instrumen
Uraian
Contoh Instrumen
Jelaskan fungsi dari keyboard, CPU, monitor
Alokasi Waktu
2 X 24 jam

Sumber Belajar
Perangkat TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, multi media dll.), buku pegangan, aplikasi multi media, media cetak



Kompetensi Dasar
1.2  Mendeskripsikan sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari masa lalu sampai sekarang

Materi Pokok Pembelajaran
Sejarah perkembangan tekbologi informasi dan komunikasi

Kegiatan Pembelajaran
a.   Melakukan Studi pustaka tentang sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi
Indikator
Mendeskripsikan perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi beserta fungsinya

Teknik penilaian
Penugasan

Bentuk Instrumen
Tugas Proyek

Contoh Instrumen
Jelaskan fungsi peralatan teknologi ingormasi dan komunikasi sesuai dengan perkembangan penemunya!

b.  Mendiskusikan tentang sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi
c.  Melihat tayangan tentang perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi
Indikator
Menjelaskan perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi

Teknik Penilaian
Tes tertulis

Bentuk Instrumen
Uraian

Contoh instrumen
-    Jelaskan berbagai penemuan yang terkait dengan perangkat teknologi informasi dan komunikasi;
-    Jelaskan perkembangan perangkat TIK dari dahulu sampai sekarang

Alokasi Waktu
4 X 45 jam

Sumber Belajar
Perangkat TIK (komputer.telepon/handphone,faximail, aplikasi multi media, buku pegangan, alat komunikasi tradisional

Kompetensi Dasar
1.3. Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari

Materi Pokok Pembelajaran
Peran teknologi informasi dan komunikasi

Kegiatan Pembelajaran
a.   Mengamati peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari di berbagai bidang;
Indikator
Menyebutkan peran teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang kehidupan

Teknik Penilaian
Tes Tulis

Bentuk Instrumen
Uraian dan pilihan ganda

Contoh Instrumen
Sebutkan peran teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang kehidupan!

b.   Melakukan studi pustaka tentang peran teknologi ingormasi dan komunikasi dalam kehidupan;
Indikator
Mendiskripsikan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari

Teknik Penilaian
Penugasan

Bentuk Instrumen
Tugas Rumah

Contoh Instrumen
Buatlah sebuah paparan tentang peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari!

c.   Mengamati tayangan tentang peran teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan.
Indikator
Menjelaskan peranan TIK dalam kehidupan sehari-hari

Teknik Penilaian
Uraian

Contoh Instrumen
Jelaskanlah peranan TIK dalam kehidupan sehari-hari

Alokasi Waktu
2 X 45

Sumber Belajar
Media cetak, kehidupan sehari-hari, tampilan visual (gambar, video dll.)


Kompetensi Dasar
1.4. Mengidentifikasi berbagai keuntungan dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi

Materi Pokok Pembelajaran
Keuntungan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi

Kegiatan Pembelajaran
a.   Mengamati keuntungan  penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari dan di berbagai bidang
Indikator
Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi

Teknik Penilaian
Tes Tulis

Bentuk Instrumen
Uraian / Pilihan Ganda

Contoh Instrumen
- Jelaskan keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi!

- Salah satu keuntungan penggunaan komputer adalah
a.   bekerja mudah dan cepat
b.   pemborosan listrik
c.   alat-alat mahal
d.   barang mudah rusak

b.   Melakukan studi pustaka tentang berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi
Indikator
Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan produk dari teknologi informasi dan komunikasi

Teknik Penilaian
Tes Tulis

Bentuk Instrumen
Uraian

Contoh Instrumen
Jelaskanlah berbagai keuntungan penggunaan produk dari teknologi informasi dan komunikasi!

Alokasi Waktu
4 X 45

Sumber Belajar
Perangkat TIK(komputer,laptop,telepon,HP,faximail,TV,radio, dll),buku pegangan, dan lembar kerja, dsb.



Kompetensi Dasar
1.5. Mengidentifikasi berbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi

Materi Pokok Pembelajaran
Dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi

Kegiatan Pembelajaran
a.   Mengamati dampak negatif  penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari hari  dan di  berbagai bidang melalui tayangan
Indikator
Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari perangkat yang digunakan

Teknik Penilaian
Tes Tertulis

Contoh Instrumen
Jelaskan dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari!


b.   Melakukan studi pustaka tentang dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
Indikator
Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan
Teknik Penilaian
Tes Tertulis

Contoh Instrumen
Jelaskan dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan!

Alokasi Waktu
8 X 45

Sumber Belajar
Perangkat TIK, buku pegangan, lembar kerja, dsb





Standar Kompetensi     :  2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer

Kompetensi Dasar


Materi Pokok/Pembelajaran
Mengaktifkan komputer

Kegiatan Pembelajaran
a.  Melakukan pengamatan terhadap perangkat keras yang berfungsi untuk mengaktifkan komputer
Indikator
Mengidentifikasi letak tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer

Tehnik Penilaian
Observasi

Bentuk Instrumen
Lembar observasi

Contoh Instrumen
Tunjukkanlah letak dan nama tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer!

b.  Mendemontrasi cara mengaktifkan komputer
Indikator
Megidentifikasi tampilan pada layar desktop

Tehnik Penilaian
Unjuk Kerja

Bentuk Instrumen
Uji Prosedur

Contoh Instrumen
Sebutkan bagian-bagian layar desktop

c.  Mempraktikkan  menyalakan komputer
Indikator
Menjelaskan prosedur menyalakan komputer

Tehnik Penilaian
Unjuk Kerja

Bentuk Instrumen
Uji Prosedur

Contoh Instrumen
Nyalakan komputer sesuai dengan prosedur

Alokasi Waktu
4 X 45

Sumber Belajar
Perangkat komputer, buku pegangan, aplikasi multi media


Kompetensi Dasar
2.2. Mematikan komputer sesuai prosedur

Materi Pokok Pembelajaran
Mematikan Komputer

Kegiatan Pembelajaran
a.   Mengamati demonstrasi mematikan komputer
Indikator
Menjelaskan cara mematikan komputer sesuai dengan prosedur

Teknik Penilaian
Tes Tulis

Bentuk Instrumen
Uraian

Contoh Instrumen
Tulislah langkah-langkah mematikan komputer

b.   Mempraktikkan mematikan komputer sesuai dengan prosedur
Indikator
Mematikan komputer menggunakan fungsi tombol pada hard ware sesuai dengan prosedur

Teknik Penilaian
Unjuuk Kerja

Bentuk Instrumen
Uji Prosedur

Contoh Instrumen
Maikanlah komputer dengan menggunakan fungsi tombol power yang terdapat pada Cashing CPU

Alokasi Waktu
4 X 45

Sumber Belajar
Perangkat komputer, buku pegangan, aplikasi multi media


Kompetensi Dasar
2.3. Melakukan operasi dasar pada operating system dengan sistematis

Materi Pokok Pembelajaran
Sistem operasi Pengelolaan  file dan folder

Kegiatan Pembelajaran
a.  Mempraktekkan penggunakan sistem operasi  misal: Windows, Linux dll untuk mengatur tampilan
Indikator
Menggunakan sistem operasi misal windows. Linux, dll

Teknik Penilaian
Unjuk kerja

Bentuk Instrumen
Uji Prosedur

Contoh Instrumen
-   Aktifkan shortcut pada desktop!
-   Aktifkan menu pada menu taskbar

b.   Menggunakan  file manager untuk mengelola file dan folder
Indikator
Menggunakan file manager untuk mengelola file dan folder

Teknik Penilaian
Unjuk kerja

Bentuk Instrumen
Uji prosedur dari produk

Contoh Instrumen
Buatlah folder pada drive D dengan nama anda!


c.   Mengumpulkan file dalam satu folder
Indikator
Memasukkan file ke dalam satu folder

Teknik Penilaian
Unjuk kerja

Bentuk Instrumen
Uji prosedur dari produk

Contoh Instrumen
Pindahkan file yang anda buat ke  dalam folder my documen di drive C

Alokasi Waktu
8 X 45

Sumber Belajar
Perangkat komputer,buku pegangan, aplikasi multi media




                             Mengetahui,                                                  Pacitan, Juni  2011
                         Kepala Sekolah                                             Guru Mata Pelajaran
                                               



ARIF KURNIAWAN, SPd.I                                 DIAN ADI SUSANA, S.Pd.I

Tidak ada komentar:

Blog Archive

Arsip Blog